Your Trusted Uniform & Merchandise Supplier

Berikut Merupakan Proses Pembuatan Jaket Kulit

Proses Pembuatan Jaket Kulit – Jaket kulit adalah pakaian luar bagi pria atau wanita yang dibuat dari kulit hewan sebagai pelindung diri dari angin dan cuaca dingin.

Sejarah Jaket Kulit

Pada awal 1900-an, anggota penerbangan dan anggota militer mengenakan jaket kulit berwarna coklat. Selama Perang Dunia II, ia dikenal sebagai “jaket bomber” dan protektif dan menjaga kehangatan.

Jaket sering menjadi bagian dari seragam umum yang dirancang untuk melindungi anggota militer dan pilot dari kondisi cuaca yang ekstrim. dan kadang-kadang dikombinasikan dengan kulit domba, menggunakan bulu domba utuh di bagian dalam untuk menimbulkan rasa kehangatan.

Jaket kulit juga sering dikenakan oleh kaum Bolshevik Rusia dan menjadi seragam semi untuk komisaris selama Perang Saudara Rusia, dan kemudian untuk anggota Cheka.

proses pembuatan jaket kulit

Proses Pembuatan Jaket Kulit

Jaket kulit dibuat dengan bahan dasar kulit binatang. Pembuatan jaket kulit berbeda dengan proses pembuatan jaket selain dari kulit karena jaket ini membutuhkan tenaga kerja dengan ketelitian, keahlian khusus, kesabaran karena waktu pengerjaannya juga cukup lama. Mengolah bahan bakunya juga tidak mudah, tidak seperti kain atau bahan baku lainnya, karena berasal dari kulit hewan basah yang perlu dikeringkan.

Bahan Dasar Jaket Kulit

Kulit rusa, kulit domba, kulit domba, kulit sapi adalah yang paling umum digunakan untuk membuat jaket kulit. Kulit yang telah dihilangkan harus segera didinginkan dan diasinkan atau direndam dalam air asin. 

Tujuannya agar kulit tampak bersih dari kotoran yang lengket dan tahan lama untuk produksi. Setelah didinginkan, kulit dikirim ke penyamakan kulit dan kemudian mengalami proses seperti pencucian, pengeringan, pencabutan dan pengawetan. Proses ini sangat penting untuk memastikan produk pakaian yang dihasilkan berkualitas tinggi.

Penyamakan Kulit

Kulit yang ada tidak bisa langsung diolah menjadi jaket. Ada tahap lain. Salah satunya adalah penyamakan kulit, suatu proses yang dapat memperbaiki sifat-sifat kulit mentah yang mudah rusak menjadi kulit yang dirawat lebih tahan lama.

Pada awal proses ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti:

1. Mencuci kulit Binatang

Kulit akan direndam dalam air bersih untuk menghilangkan garam di awal proses dan meningkatkan kadar air sehingga kulit dapat dirawat lebih lama.

2. Proses Pengeringan Kulit Hewan (Pengeringan)

Pengeringan ini bisa dilakukan dengan tangan seperti menjemur di bawah sinar matahari atau diangin anginkan, dan panas buatan seperti pengering juga bisa digunakan.

3. Pencabutan Bulu

Bulu dihilangkan menggunakan alat alat mekanik di lanjuti dengan menggunakan pisau secara manual.

4. Proses Simpan

Pengawetan dapat dilakukan dengan garam, asam dan pengeringan. Anda dapat menggunakan bahan kimia atau memaksimalkan paparan sinar matahari sampai kulit Anda siap untuk diolah.

5. Pewarnaan

Proses selanjutnya adalah pewarnaan, jika warna dasar jaket kulit adalah hitam dan coklat, namun Anda juga bisa memilih warna sesuai selera dengan menggunakan pewarna kimia.

Buat Pola atau Model Desain Jaket Kulit

Setelah mengolah bahan baku untuk proses pencelupan, langkah selanjutnya adalah membuat pola desain atau model jaket kulit. 

Di sini, desainer sangat penting untuk dapat menciptakan model jaket kulit baru yang dapat diterima oleh pengguna. 

Pembuatan model dapat menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggambar pola pada karton kemudian dipotong dengan gunting dengan tangan atau menggunakan software komputer yang terhubung dengan mesin pemotong otomatis agar lebih cepat dan mudah untuk diproduksi.

Proses Menjahit

Proses pembuatan jaket kulit memiliki kemiripan dengan pembuatan kemeja atau celana. Setelah selesai mendesain pola atau model jaket kulit, lanjutkan proses menjahit. 

Proses menjahit bisa dilakukan menggunakan mesin jahit dengan tangan atau bisa juga menggunakan sistem konveksi produksi massal. Keterampilan dan kecerdasan dalam membuat pola desain jaket kulit dan proses menjahitnya dapat mempengaruhi kenyamanan dan kebersihan jaket kulit saat dikenakan.

Pemolesan 

Ini adalah proses akhir pembuatan jaket kulit yang merupakan proses poles atau disebut juga rouging. Proses rouging dilakukan untuk menghilangkan noda dan kotoran yang tertinggal saat jaket masih diproduksi, dan untuk membuat permukaan jaket terlihat mengkilap.

Custom Products