Share this..

Pengertian Merchandise, Jenis dan Fungsinya

Pengertian Merchandise, Jenis dan Fungsinya

© 2020 |

  View
140x dilihat

Pengertian Merchandise – Secara umum merchandise merupakan suatu produk yang menampilkan logo atau merek dari sebuah perusahaan, yang mana digunakan sebagai suatu media promosi dan dibagikan kepada khalayak ramai supaya mereka ingat dengan logo maupun merk dari perusahaan yang membagikan merchandise tersebut.

 

Peran promosi dalam pemasaran sangat penting, baik itu untuk pengusaha atau pebisnis harus memperhatikan promosi agar produk dan jasa yang ditawarkannya dikenal oleh masyarakat umum.

 

Untuk itu agar orang bisa mengingat merek atau perusahaan maka dibutuhkan media yang bisa menampilkan logo perusahaan, dalam hal ini media yang digunakan adalah merchandise.

 

pengertian merchandise

Pengertian Merchandise

Merchandise adalah pernak-pernik yang sering kita jumpai dan dipakai oleh banyak orang di berbagai kesempatan. Contohnya adalah pada kaos polos dengan sablon atau bordir yang ada gambar dan logo perusahaan, atau bisa juga pada payung, jam dinding, flashdisk, pulpen, buku, cangkir kopi dan lainnya.

 

Merchandise yang keren dan unik akan menarik perhatian yang tentu saja menampilkan logo merek atau perusahaan.

 

Untuk lebih menarik perhatian biasanya merchandise diberi teks dan gambar pendukung. Tujuannya adalah agar khalayak ramai selalu ingat dengan logo perusahaan yang memberikan merchandise tersebut.

 

Jenis Merchandise

Jenis Merchandise mempunyai banyak model terbaru yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jenisnya bisa dalam bentuk kaos, cangkir, jam dinding, jam meja, bolpoin, totebag, payung, flashdisk, kipas, handuk, jaket, topi, mug/gelas, pin, gantungan kunci, buku catatan dan masih banyak lainnya.

 

 

Fungsi Merchandise

Banyak fungsi merchandise dalam sebuah perusahaan atau pebisnis diantaranya sebagai berikut:

 

  1. Sebagai Branding Produk Atau Perusahaan. Sebagai contoh adalah jam meja promosi, cangkir promosi yang disablon dengan logo perusahaan. Ketika pelanggan meletakkan di meja atau menggunakannya untuk minum akan bisa mengingatkan perusahaan yang memberikan barang promosi tersebut. Agar lebih menarik selain logo yang ditampilkan, maka motto perusahaan juga harus ditulis agar konsumen selalu ingat kepada perusahaan.

 

  1. Sebagai tanda terima kasih atas kehadiran dalam momen atau event tertentu. Biasanya ini dilakukan ketika sebuah perusahaan mengadakan sebuah acara, untuk membuat terkesan di hati para tamu atau konsumen maka digunakanlah merchandise berupa topi, kotak tisu atau bolpoin yang setiap hari digunakan.

 

  1. Sebagai penarik atau magnet agar orang mau berkumpul dan mampir ke stand pameran/boot yang sedang dibuka. Ini biasanya dilakukan di sebuah pusat keramaian seperti mall, seminar, pengobatan, hingga pameran dan lainnya.

 

  1. Sebagai media pembeda dengan perusahaan lain. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, perusahaan berusaha membuat mind brand atau memasukkan brand di dalam hati konsumen melalui merchandise. Biasanya berupa souvenir promosi yang diberikan secara gratis.

 

  1. Sebagai senjata pemasaran dari satu client ke calon client yang baru. Seperti merchandise kertas note yang di cetak offset/ atau post it biasanya digunakan client dalam menulis catatan. Ini akan mengingatkan client tentang produk atau jasa sebuah perusahaan.

 

Tujuan Merchandise

Adapun tujuan merchandise antara lain :

 

  1. Untuk menyebarkan informasi mengenai produk yang dipromosikan kepada target pasar potensial
  2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan juga keuntungan (laba)
  3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  5. Untuk membedakan produk dengan produk milik pesaing
  6. Untuk membentuk suatu citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Untuk dapat mengubah pendapat konsumen mengenai produk dan perusahaan tertentu.

 

Start

Custom!

  Kirim WhatsApp

 Custom Products